Cara mengatasi Item data terstruktur hilang atau tidak valid pada blog AMP



Cara mengatasi Item data terstruktur hilang atau tidak valid pada blog AMP


Lagi-lagi menemukan kesalahan saat validasi blog AMP. Kali ini mencoba template dari mas Adhy (kompiajaib) yaitu template kompiajaib yang kata dari blog yang mengeshare template ini merupakan template kloningan. Karena sebagai blogger amatiran, sukanya gonta ganti template mencari mana yang bagus atau sreg di pandang mata sendiri.

Setelah mencoba template kompiajaib kloningan, ketika melakukan uji validasi atau pengujian AMP ternyata menemui kendala saat validasi. Muncul keterangan error Item data terstruktur hilang atau tidak valid. Saya sendiri tidak paham arti dari keterangan tersebut. Blogging sana sini, googling sana sini akhirnya menemukan 2 (dua) solusi dari para mastah AMP. Yaitu solusi dari Mas Adhi (admin kompiajaib) dan Blog Mankoin.

Dari dua solusi itu memiliki hasil yang sama, yaitu data tersrtuktur menjadi valid. Setelah saya baca-baca dan pelajari, ternyata mumet juga solusinya. Akhirnya saya mencoba solusi dari Blog Mankoin dan hasilnya sukses. Caranya sangat simple dan tidak membuat mumet pikiran.hehehe. Kalau solusi dari Mas Adhy perbaikannya menurutku sangat rumit, tapi untuk para mastah blogger mungkin cara itu cukup mudah.

Dari situ saya mengambil kesimpulan kesalahan Item data terstruktur hilang atau tidak valid, disebabkan karena blog atau template tersebut menggunakan schema
<article class="post hentry" itemprop="blogPost" itemscope="itemscope" itemtype="https://schema.org/BlogPosting">. Itemprop='blogPost' schemanya menjadi anakan dari schema atasnya yaitu schema untuk blog (schema.org/Blog). Dengan mengeluarkan itemprop='blogPost' maka ketika di uji validasi maka Struktur data menjadi valid kembali.

Jadi solusi untuk Mengatasi Item data terstruktur hilang atau tidak valid pada blog AMP ini cukup dengan menghapus Itemprop='blogPost' pada elemen yang memiliki https://schema.org/BlogPosting agar Item data terstruktur menjadi valid.


Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan